Manfaat menguasai bahasa jepang

Manfaat Menguasai Bahasa Jepang yang Perlu Kamu Tahu

Indonesia merupakan negara yang memiliki aneka ragam bahasa daerah akan tetapi disatukan dengan satu bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia. Oleh sebab itu ketika berlibur di berbagai daerah Indonesia tidak akan kesulitan dengan adanya bahasa persatuan, namun bagaimana jika berlibur di Jepang sementara tidak menguasai bahasa Jepang?

Jika Anda berniat untuk berlibur di negara yang mayoritas penduduknya bukan berbahasa global yaitu bahasa Inggris, tentu Anda perlu belajar bahasa negara tersebut. Misalkan negara Jepang yang menggunakan bahasa Jepang. Dengan menguasai bahasa Jepang akan ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan. Apa saja?

Manfaat Menguasai Bahasa Jepang

Meningkatkan peluang memperoleh beasiswa ke Jepang

Sebagai salah satu negara paling maju yang ada di benua Asia, Jepang menjadi salah satu negara yang banyak diincar warga negara Indonesia untuk melanjutkan studi mereka setelah lulus SMA atau bahkan setelah lulus S1 untuk melanjutkan S2.

Banyak lho program beasiswa ke negeri sakura Jepang yang bisa diambil. Untuk mengetahui jenis – jenis beasiswanya apa saja yang bisa diambil, baca : Jenis – Jenis Beasiswa di Jepang, Cek Di Sini!

Anda bisa pilih saja mana beasiswa yang ingin Anda ambil. Namun tentu mendapatkan beasiswa di Jepang sangatlah tidak mudah. Anda harus punya kemampuan berbahasa Jepang untuk memudahkan Anda menerima materi yang diajarkan.

Anda juga harus kenal dengan program pendidikan di sana. Beasiswa yang diberikan untuk studi di Jepang sendiri bermacam – macam. Ada beasiswa S1 atau bahkan S2, ada yang berbayar 50%, 25% dan bahkan ada yang gratis.

Jika masih belum punya informasi terkait beasiswa di Jepang sementara Anda ingin sekali untuk mengejar beasiswa pendidikan di sana terlebih untuk mendapatkan beasiswa gratis, baca : Tips Dapatkan Beasiswa di Jepang Gratis

Meningkatkan kesempatan dalam memperoleh pekerjaan

Selain belajar bahasa Jepang akan memberikan Anda kesempatan untuk memenangkan persaingan mendapatkan beasiswa, manfaat menguasai bahasa Jepang juga akan memberikan manfaat lain yaitu memudahkan Anda mendapatkan pekerjaan yang ada kaitannya dengan keterampilan atau kemampuan berbahasa Jepang.

Ada beberapa bidang pekerjaan yang berpotensi mudah didapatkan jika Anda memiliki keahlian menguasai bahasa Jepang, di antaranya seperti :

Penerjemah

Menjadi seorang penerjemah atau translator tentu menjadi sebuah pekerjaan yang menjanjikan dewasa ini. Nah, Anda yang memiliki keahlian berbahasa Jepang dan menjadi penerjemah bahasa Jepang, Anda bisa bergabung dengan situs penerjemah atau membuka jasa penerjemah sendiri.

Peluang kerja bahasa Jepang yang satu ini sangat layak untuk Anda yang memang memiliki keahlian di bidangnya dan sekaligus hobi membaca, mendengar dan menulis karena bagaimanapun keahlian Anda nantinya akan berkaitan dengan itu. Biasanya gaji sebagai seorang penerjemah diberikan tergantung kesepakatan dan jam terbang juga.

Pemandu wisata

Jepang memang negara yang indah, namun tak jarang warga Jepang juga ada yang berwisata di Indonesia. Nah, dengan kemampuan Anda menguasai bahasa Jepang Anda tentu bisa menjadi pemandu wisata yang mengerti bahasa mereka sehingga bisa memberikan pelayanan terbaik sebagai pemandu wisata.

Atau jika Anda warga negara Indonesia yang menguasai bahasa Jepang dan memutuskan tinggal di Jepang, Anda juga bisa menjadi pemandu wisata di negeri sakura tersebut. Namun Anda harus memahami tentang budaya lokal dan menunjukkan tempat – tempat wisata atau bahkan kota – kota indah yang ada di sana. Sedikit informasinya, baca : Berbagai Kota Indah di Jepang yang Wajib Kamu Kunjungi

Staf perhotelan

Dengan menguasai bahasa Jepang, Anda bisa bergabung menjadi staf hotel. Masa depan Anda akan jauh lebih cerah dengan kemampuan yang masih jarang dimiliki orang lain.

Anda bahkan bisa mendapatkan rekomendasi untuk bekerja di hotel dalam negeri yang bertaraf internasional atau bahkan bekerja di hotel Jepang secara langsung dengan kemahiran dan kemampuan Anda tersebut. Terlebih jika Anda memiliki look atau fisik baik penampilan wajah dan badan yang mumpuni tentu akan sangat menunjang pekerjaan Anda.

Staf kantor kedutaan Jepang di Indonesia

Menjadi staf kantor kedutaan Jepang di Indonesia membuat Anda bisa mengenal budaya Jepang dengan jauh lebih mendalam selama bekerja di kedutaan.

Selain gaji yang menggiurkan akan Anda dapatkan, Anda juga akan mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi dengan banyak petinggi negara baik yang bertugas di Indonesia atau bertugas di Jepang. Anda pun bisa memilih jenjang karir sebagai pekerja dengan status PNS atau dengan status non PNS. 

Menambah pertemanan dan wawasan

Kalau Anda hobi bermain games online atau memiliki teman di sosial media yang berasal dari Jepang, tentu ada kebanggaan tersendiri untuk bisa mengenal teman lebih luas lagi yang berasal dari negara lain.

Hanya saja banyak orang yang akhirnya tidak bisa berinteraksi dengan mereka karena belum belajar bahasa Jepang. Oleh sebab itu jika Anda belajar bahasa Jepang dan kemudian menguasai bahasa tersebut, tentu saja Anda bisa menjalin komunikasi lebih baik lagi dengan teman  - teman yang berdomisili di Jepang dan menggunakan bahasa sehari – hari bahasa Jepang.

Dengan begitu relasi pertemanan Anda akan jadi jauh lebih luas dan pastinya pengetahuan serta wawasan Anda juga akan bertambah. Jika kemudian Anda memiliki perjalanan wisata ke Jepang atau bahkan harus berbisnis di Jepang maka dengan mahir bahasa Jepang akan memudahkan segala urusan Anda.

Jika perjalanan wisata yang Anda lakukan, saat tiba di Jepang pada akhirnya Anda tidak butuh jasa tour guide yang tentu hal ini akan memangkas budget yang Anda harusnya keluarkan. Budget yang harusnya untuk menyewa jasa tour guide, bisa Anda alihkan untuk keperluan lainnya.

Saat berada di Jepang, proses penyesuaian diri pun akan jauh lebih mudah karena kedua belah pihak baik Anda dan juga orang yang berinteraksi dengan Anda akan saling memahami bahasa satu sama lain sehingga miss komunikasi tidak akan terjadi.

Itulah beberapa manfaat menguasai bahasa Jepang yang Anda harus tahu. Oleh sebab itu, belajarlah semakin banyak bahasa termasuk bahasa Jepang dan dapatkan manfaat positifnya untuk kehidupan Anda jangka panjang.


Comments

Leave a comment

Back to top