Industri Terbesar di Jepang dan Dunia

10 Industri Terbesar di Jepang dan Dunia, Apa Saja Urutannya

Mendengar kata Jepang, kalimat apa yang terlintas di benak Anda? Negeri Sakura? Negara Matahari Terbit? Atau Negara dengan industri paling maju di dunia? Ya, tidak ada yang salah dengan semua definisi tersebut. Namun kali ini yang akan kami bahas adalah negara Jepang dengan sektor industrinya yang penuh kemajuan. Industri terbesar di Jepang tidak hanya dalam satu bidang saja, akan tetapi meliputi hampir semua bidang industri, mulai dari teknologi, otomotif, hingga transportasi.

Inilah 10 Industri Terbesar di Jepang

Toyota, Mitsubishi, dan Honda adalah nama-nama produk yang sudah sering menyelinap di telinga kita. Ketiga jenis produk tersebut hanyalah sebagian kecil dari industri yang berjalan di negara Jepang.

Sebagai negara yang mempunyai perindustrian yang kuat, Jepang menyaeimbangi dengan teknologi dan sumber daya manusia yang mumpuni. Oleh karena itu, tidak jarang, warga lokal yang tertarik menggeluti sektor industri Jepang memerlukan persiapan banyak bekal.

Industri di Jepang sudah mendapat pengakuan sebagai raksasa industri. Bukan hanya di kalangan negara-negara Asia, namun sudah merambah di kancah dunia.

Bagi Anda yang kosong gambaran akan kemajuan industri di Jepang, kami akan memberikan contoh perusahaan yang sudah kondang seantero dunia dengan sektor industrinya. Inilah 10 perusahaan industri terbesar di Jepang:

Toyota Motor

Toyota merupakan perusahaan yang bergerak di sektor industri otomotif, dimana menciptakan motor dan mobil untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Tidak hanya menjadi raksasa perusahaan industri, Toyota ini juga terkenal sebagai produsen motor mobil paling sukses dari negara-negara lainnya.

Toyota dinobatkan menjadi perusahan ke 10 industri terbesar di Jepang dan negara-negara dunia. Ia adalah pelopor dan pemecah rekor perusahaan yang mampu menghasilkan lebih dari 10 juta kendaraan per tahunnya.

Nippon Telegraph & Tel

Bergerak di bidang telekomunikasi, Nippon Telegraph & Telephone Corporation menjadi perusahaan terbesar ke-4 dari sudut pandang income-nya. Prediksi nominalnya mencapai 61 miliar USD.

Kendati tercatat sebagai perusahaan swasta, pemerintah jepang menanam saham hingga 1/3 di perusahaan tersebut.

SoftBank

Dianggap sebagai pesaing utama NTT (Nippon Telegraph & Tel), SoftBank mempunyai lingkup layanan yang lebih lebar. Bahkan meliputi e-commerce, media, pemasaran, hingga keuangan.

Softbank Group Corporation adalah perusahaan induk yang menaungi banyak perusahaan mini di bawahnya. Dari segi kapitalisasi pasar, perusahaan ini menduduki peringkat ke-86 terbesar di dunia.

Mitsubishi UFJ Financial Group

Manufaktur yang satu ini beroperasi di ranah keuangan. Dalam kancah dunia, perusahaan yang merupakan Bank induk ini menduduki posisi kedua terbesar.

Melihat aset yang dikandungnya mencapai 2,5 triliun USD, Mitsubishi UFJ Financial adalah grup keuangan terkemuka pertama di Jepang. Sementara prediksi nilai pasarnya berkisar hingga 77,7 miliar USD.

Japan Post Holdings

Perusahaan ini mempunyai tanggung jawab di empat bidang sektor industri Jepang, tidak terkecuali dalam pengelolaan dan pengiriman surat Jepang dan layanan kantor pos.

Tidak hanya itu, perusahaan konglomerat ini juga membawahi berbagai kepentingan terkait perbankan, logistik, dan asuransi. Pemerintah Jepang mempunyai aset hingga 71% di dalam perusahaan ini.

Menduduki posisi ke-72 di Forbes, perusahaan ini mengandalkan aset sebesar 2.680,2 triliun USD serta nilai pasar sekitar 32,7 triliun USD dan menjadi salah satu dari 10 industri terbesar di Jepang.

Sumitomo Mitsui Financial Group

Sumitomo Mitsui Financial merupakan grup keuangan yang menempati sebagai bank terbesar kedua di negaranya. Perusahaan ini memiliki aset senilai 1,8 triliun USD dengan perkiraan nilai pasar sekitar 58,6 miliar USD.

Oleh karena hal tersebutlah, perusahaan Sumitomo Mitsui ini bisa masuk ke dalam jajaran perusahaan terbesar di dunia. Perusahaan ini berpusat di ibukota Jepang, Tokyo.

Sony Corporation

Perusahaan ini beroperasi seputar teknologi dan menjadi salah satu yang terbesar di dunia. Selain itu, Sony Corporation mendapat julukan sebagai konsol gim terkemuka pertama dunia dan perusahaan kreator video gim peringkat dua besar dunia. Nilai asetnya mencapai 208,3 triliun USD dengan nominal nilai pasar mencapai 78,7 triliun.

Honda Motor Company

Perusahan manufaktur ini terkenal dengan produknya yang berupa kendaraan bermotor dan mesin-mesin besar. Selain kondang sebagai raksasa perusahaan Jepang, Honda adalah salah satu produsen kendaraan bermotor dengan peran yang besar di dunia.

Perusahaan ini mengklaim sanggup menghasilkan setidaknya 14 juta mesin setiap tahun. Honda Motor Company memiliki nilai pasar 63 miliar USD dan aset sebesar 188,8 triliun USD.

Mizuho Financial Group

MHFG-Mizuho Financial Group merupakan salah satu dari 10 industri terbesar di Jepang yang berjalan di sektor industri bidang keuangan. Termasuk salah satu dari 60 perusahaan teratas dunia, dan menjadi grup holding yang menempati posisi tiga besar di Jepang.

Aset yang dimiliki perusahaan ini melebihi 2 triliun USD dan nilai pasarnya berada di kisaran nominal 48,7 miliar USD.

Hitachi

Sudah tidak asing dengan namanya, perusahaan ini bergerak di bidang tekno-elektro. Perusahaan Hitachi tidak hanya unggul dalam peringkat besar, namun juga tinggi kualitas produknya.

Produknya bahkan berhasil memberikan nilai pasar terhadap perusahaannya dengan nominal berkisar 36,2 miliar USD.

Jepang mempunyai kawasan industri yang menyebar di berbagai prefektur. Mulai dari kawasan Tokyo, Kanagawa, Chiba, Kyoto, Kobe, dan masih banyak daerah lainnya. Industri manufaktur negara Jepang memang masih banyak yang mengandalkan impor material mentah.

Namun, keterbatasan itu nyatanya justru membuat Jepang sanggup mendapatkan nominasi 'negara maju' di dunia. 10 industri terbesar di Jepang di atas tersebut bisa menjadi bukti keberhasilan Negara Nippon ini.

Seiring dengan berjalannya waktu, tidak menutup kemungkinan, kedudukan dan posisi tersebut bisa bergeser. Di era persaingan yang semakin ketat, perusahaan industri terbesar di Jepang tentunya juga semakin berlomba untuk mendapatkan peringkat.

 


Comments

Leave a comment

Back to top