Acara natal di Jepang

Acara Natal di Jepang yang Paling Populer Semarakkan Moment Natal

Meski agama resmi di Jepang dan mayoritas masyarakatnya memeluk agama Shinto dan Buddha, akan tetapi semarak natal juga masih bisa dirasakan. Ada banyak acara natal di Jepang sampai dengan tradisi – tradisi unik yang biasa menyemarakkan moment natal di sana.

Untuk mengetahui seperti apa semarak moment natal di Jepang dengan beragam tradisi unik dan acara natalnya, di sini kami akan membahasnya khusus untuk Anda. Let’s check these out!

Acara Natal di Jepang Terpopuler

Natal makan Japanese Strawberry Shortcake

Japanese Strawberry Shortcake menjadi suatu hidangan spesial di kala natal tiba. Rasanya ringan, kenyal dan bertabur whipped cream yang lembut. Perpaduan warna merah dari strawberry dan warna putih dari whipped creamnya seolah mengisyaratkan tentang natal yang identik dengan suasana hangat berbalut kemerahan dan salju berbalut warna putih.

Sebenarnya kue ini juga sudah menjadi kue ulang tahun yang dipilih banyak orang, akan tetapi ketika natal Japanese Strawberry Shortcake menjadi semakin spesial dihidangkan. Bahkan untuk semakin memberikan kesan natal yang terasa, kue – kue tersebut berhiaskan ornamen natal yang juga bisa dimakan.

Sebenarnya tradisi makan Japanese Strawberry Shortcake dilatarbelakangi dengan sebuah cerita di masa lalu yang berkaitan dengan kegiatan marketing suatu department store. Department store tersebut bernama Fujiya Department Store. Trik marketing ini dilakukan pada tahun 1910 untuk menyasar orang asing yang menetap di Jepang agar mereka membeli strawberry shortcake guna melengkapi perayaan natal mereka.

Akan tetapi ternyata bahkan sampai detik ini orang yang tinggal di Jepang, orang asing yang menetap di Jepang dan bahkan masyarakat asli Jepang kepincut untuk merayakan acara natal di Jepang dengan menghidangkan Japanese Strawberry Shortcake ini sehingga menjadi kue wajib dalam perayaan natal.

Biasanya, kue ini akan dihidangkan bersama dengan aneka hidangan tradisional Jepang lainnya, yang daftarnya bisa Anda baca : Makanan Tradisional Jepang yang Paling Enak

Makan KFC ramai – ramai

Apa hubungannya natal dengan KFC?

Mungkin akan banyak orang yang bertanya demikian. Sebenarnya, semua itu bermula dari sebuah slogan marketing KFC pada tahun 1970.

Pada tahun tersebut, KFC (Kentucky Fried Chicken) yang merupakan food chain terbesar di dunia dengan waralaba yang sudah tersebar di seluruh penjuru dunia mengkampanyekan Kentucky for Christmas. Hal tersebut yang kemudian menyebabkan masyarakat Jepang menjatuhkan pilihannya pada KFC sebagai menu wajib ketika acara natal di Jepang tiba.

Bahkan kampanye tersebut sukses sampai sekarang menjadikan KFC selalu ramai di kala natal tiba. Bahkan tersedia sistem pre-order sejak bulan November yang dibuka demi menghindari membludaknya pesanan ketika hari natal tiba. Trik marketing yang sangat brilian memang dari sebuah food chain KFC untuk masyarakat Jepang yang bahkan bisa mengubah mindset masyarakat Jepang tentang KFC yang harus ada ketika natal di rumah.

Berkunjung ke Pasar Natal

Jepang menjadi tuan rumah bagi pasar natal bergaya Eropa sepanjang musim dingin yang tersebar di Hokkaido sampai dengan Kyushu. Di pasar tersebut pengunjung bisa menemukan banyak hal mulai dari hiasan pohon natal yang bisa dibeli untuk menyemarakkan natal di rumah – rumah sampai dengan kue keranjang khas natal, sari buah hangat, minuman, pernak – pernik, pakaian natal, topi dan sebagainya.

Adapun beberapa pasar natal di Jepang terpopuler yang wajib banget untuk dikunjungi sepanjang musim natal untuk mencari aneka pernak – pernik natal di Jepang di antaranya :

Roppongi Hills

Pasar natal tertua di Tokyo diadakan di Oyane Plaza Roppongi Hills. Roppongi Hills ini diadakan untuk menciptakan suasana pasar natal seperti yang ada di Stuttgart, Jerman yang dikenal sebagai pasar natal terbesar yang ada di dunia.

Seiring dengan suasana natal yang meriah di pasar, iluminasi romantis di Roppongi Hills bisa dinikmati termasuk iluminasi jalan Keyakizaka yang terkenal dan pohon natal besar yang ada di sana.

Yebisu Garden Palace

Yebisu Garden Palace dikenal sebagai tempat iluminasi musim dingin terbaik yang ada di Tokyo. Di sana ditampilkan lampu gantung baccarat terbesar di dunia, pohon natal yang tingginya mencapai 10 meter dan lebih dari 100.000 lampu LED.

Menjelang hari natal tanggal 25 Desember biasanya pasar natal bergaya Perancis yang bertajuk Christmas Marche diadakan dengan menyiapkan aneka ragam makanan ringan dan minuman khas. Suasana romantis natal bisa ditemukan di sini.

Yokohama Red Brick Warehouse Christmas Market

Yokohama tak mau ketinggalan. Yokohama Red Brick Warehouse Christmas Market merupakan suatu pasar yang bisa dikunjungi ketika acara natal di Jepang dan menampilkan makanan tradisional Jerman, minuman dan makanan khas natal di Jepang, kerajinan tangan, pohon natal, dan juga iluminasi. Arena seluncur es juga terbuka selama musim dingin bulan Maret yang terletak di sebelah pasar.

Bertukar kado natal

Acara natal di Jepang yang juga sudah melegenda bahkan tidak hanya di Jepang melainkan sudah menjadi tradisi natal di berbagai penjuru dunia adalah bertukar kado.

Akan tetapi yang berbeda dengan di negara lain termasuk di Indonesia adalah ketika hari natal tiba tanggal 25 Desember, bertukar kado di Jepang hanya berlaku untuk pasangan. Sementara tradisi bertukar kado dengan keluarga, teman, sahabat atau kerabat dan teman kerja biasanya dilakukan di perayaan tahun baru sekaligus ditulis wish untuk tahun selanjutnya di kado tersebut.

Memandangi pohon natal dan lampu hias

Lampu hias memang sudah menjadi icon favorit saat hari raya natal tiba. Biasanya akan ada pohon natal beserta lampu hias di berbagai tempat. Tidak hanya di rumah, melainkan juga di mal besar seperti Tokyo Midtown dan taman – taman umum.

Biasanya orang – orang akan beramai – ramai memandangi pohon natal dan lampu hias yang unik sembari duduk bersantai dan menikmati makanan natal mereka. Hal tersebut juga dilakukan di rumah.

Jangan lupa juga untuk berkunjung ke Sapporo di musim natal. Musim salju di Jepang terjadi sejak Desember sampai dengan pertengahan bulan Maret. Di musim tersebut, Anda akan menemukan Sapporo dengan sangat indah. Informasi wisatanya baca : Sapporo Kota Dengan Distrik Hiburan di Jepang

Itulah berbagai acara natal di Jepang yang paling populer untuk semarakkan moment natal. Anda yang berada di Jepang atau berniat natalan di Jepang di tahun ini atau tahun depan, bisa banget menghabiskan waktu natal dengan menjalani acara natal di Jepang seperti yang disebutkan. Selamat natal dan tahun baru!


Comments

Leave a comment

Back to top