kalender pendidikan Jepang

Kalender Pendidikan Jepang yang Unik Banget

Sama halnya dengan pendidikan di Indonesia yang memberlakukan sistem aktif sekolah dan libur sekolah, pendidikan di Jepang juga demikian. Namun yang membuatnya unik adalah kalender pendidikan Jepang yang berbeda dengan kalender pendidikan yang selama ini kita kenal di negara kita.

Hal tersebut wajar sebenarnya karena memang budaya Jepang dan di Indonesia yang tentunya berbeda dan pola masyarakat juga berbeda sehingga sedikit banyak juga berpengaruh terhadap budaya pendidikannya. Selengkapnya tentang kalender pendidikan Jepang seperti apa bisa Anda simak dalam ulasan berikut ini!

Kalender Pendidikan Jepang yang Unik

Unik dan berbeda. Itulah dua kata yang cocok menggambarkan tentang kalender pendidikan di Jepang. Biasanya tahun akademik di sekolah Jepang dimulai di bulan April dan akan berakhir pada bulan Maret pada tahun berikutnya.

Sistem ini berlaku dari mulai TK sampai dengan perguruan tinggi. Beberapa kelas pun dijalankan sepanjang tahun, akan tetapi dibagi menjadi dua semester yaitu :

  • Semester pertama pada bulan April sampai dengan September
  • Semester kedua berlangsung pada bulan Oktober sampai dengan Maret

Siswa sampai dengan mahasiswa biasanya akan mendaftar pada bulan April untuk memulai pendidikan, akan tetapi beberapa universitas juga ada yang memberikan izin untuk siswanya masuk kuliah di waktu yang berbeda misalkan di bulan yang bukan permulaan seperti Oktober. Semua itu tergantung kebijakan di masing – masing universitas.

Mengenai apa saja universitas di Jepang, baca : Universitas di Jepang yang Terpopuler dan Terbaik

Pada bulan April, Jepang memiliki sebuah pesta akhir tahun yang khas. Berbeda dengan kebanyakan negara yang lain, orang Jepang mengawali tahun fiscal di bulan April bersamaan dengan mekarnya bunga sakura.

Hal ini pun berpengaruh terhadap semua sekolah dan juga perusahaan. Oleh sebab itu, Anda pun dapat menemukan kalender dan juga sekaligus berbagai buku memo di Jepang mulai bulan April. Ketika musim semi di Jepang hadir, ada makna tersendiri yang tersimpan di dalamnya. Musim semi di Jepang ibarat seperti memberi arti kelahiran baru bagi masyarakat Jepang.

Musim Jepang juga menjadi arti bahwa sesuatu yang indah dimulai setelah melewati masa – masa dingin yang sangat menusuk.  Untuk berlibur di Jepang pada musim semi, selain mekarnya bunga sakura pemandangan lain yang juga akan Anda lihat adalah banyaknya calon murid baru yang sedang semangat – semangatnya untuk mulai bersekolah dan memasuki jenjang pendidikan yang baru.

Hal yang unik, ketika penerimaan murid baru setiap sekolah sampai dengan perguruan tinggi juga akan mengadakan upacara yang dilakukan untuk menyambut pihak sekolah, tenaga pengajar dan perwakilan murid baru.

Selain kalender pendidikan yang unik, sistem pendidikan di Jepang juga sangat unik. Seperti apa keunikan sistem pendidikan di sana, baca : Keunikan Sistem Pendidikan di Jepang dan Ciri Khasnya

Sementara mengenai jadwal liburan di kalender pendidikan Jepang, aturannya sebagai berikut :

Golden week, berlangsung bulan April sampai Mei

Libur panjang dinikmati oleh masyarakat Jepang di bulan April sampai awal Mei yang biasa disebut sebagai golden week. Secara resmi, hari libur di Jepang pada bulan tersebut berlangsung pada tanggal – tanggal berikut ini :

  • 29 April yang dikenal dengan Showa Day
  • 3 Mei yang dikenal dengan Constitutional Memorial Day
  • 4 Mei yang dikenal dengan Greenery Day
  • 5 Mei yang dikenal dengan Childrens Day

Biasanya pada bulan ini, selain libur yang sudah ditetapkan oleh kalender pendidikan Jepang masih banyak orang utamanya mahasiswa yang sengaja mengambil cuti liburan tambahan agar mereka dapat menikmati waktu libur yang lebih lama.

Oleh sebab itu pada bulan – bulan ini biasanya pesawat dan penginapan di Jepang sedang penuh. Belum lagi kondisi macet seringkali hadir utamanya di wilayah sekitar kota. Spot – spot outdoor juga terisi banyak baik di lingkungan kota atau pun di pinggiran wilayah Kansai.

Obon, 13 Agustus sampai 16 Agustus

Obon terkenal dengan nama resmi Urabon’e yang artinya Lantern Festival. Festival ini dirayakan untuk mengenang arwah dari leluhur Jepang yang turun ke bumi.

Di wilayah Tokyo sendiri, event Obon ini berlangsung dalam kurun waktu 4 hari di kalender libur Jepang yaitu berlangsung sejak tanggal 13 Agustus sampai dengan 16 Agustus. Biasanya selama libur Obon yang sudah dijadwalkan, keluarga besar akan berkumpul untuk mendoakan arwah leluhur kemudian berziarah ke makam juga.

Obon vacation juga terkenal bertepatan dengan libur Obon yang berlangsung selama 4 hari yang identik dengan kegiatan Summer Vacation. Biasanya banyak orang yang ingin berkumpul dengan keluarga sehingga kalau ingin naik transportasi umum biasanya akan dipenuhi dengan orang yang ingin pulang kampung.

Libur 3 hari sebanyak dua kali pada akhir pekan selama bulan September

Dalam kalender nasional Jepang, bulan September memiliki dua hari libur nasional yang jatuh pada setiap akhir pekan bulan tersebut. Oleh sebab itu pada bulan September ada dua libur akhir pekan yang agak panjang untuk setiap siswa dan mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan.

Dua kali liburan pada akhir pekan pada September ini biasa disebut sebagai silver week yang terjadi pada tanggal 17 September sebagai Respect for the Aged Day dan tanggal 23 September sebagai Autumnal Equinox Day.

Libur akhir tahun dan tahun baru

Pada akhir tahun dan tahun baru, meski libur cukup panjang yaitu pada tanggal 29 Desember sampai dengan 3 Januari akan tetapi suasananya sangat sepi. Tidak sama seperti ketika libur bertepatan dengan Obon Vacation atau Golden Week yang suasananya sangat ramai.

Bahkan banyak pusat perbelanjaan dan restoran tutup beroperasi pada hari tersebut. Akses pada hari tersebut juga cukup sulit, oleh sebab itu meski kalender nasional Jepang menyatakan hari tersebut libur panjang namun tak banyak wisatawan dari luar Jepang yang datang berkunjung karena Jepang sedang sepi – sepinya.

Jadi itulah kalender pendidikan Jepang beserta jadwal liburan dalam sistem pendidikan di Jepang. Semoga informasi yang kami bagikan kali ini semakin menambah informasi dan pengetahuan Anda tentang Jepang.


Comments

Leave a comment

Back to top