Ikebana, Seni merangkai bunga Jepang

Ikebana, Seni Merangkai Bunga Dari Jepang Ikebana

 

Berbicara mengenai Jepang mungkin yang ada di benak anda adalah Kimono, Sushi, dan pohon sakura. Namun tentunya negeri yang disebut sebagai negeri sakura tersebut tidak hanya menyajikan tradisi yang unik dan mempesona, nyatanya negara tersebut juga memberikan berbagai macam sajian kebudayaan yang beraneka ragam bentuknya.

Saat anda berkunjung ke negeri seribu sumo tersebut anda tidak hanya akan mendapati panorama keindahan Gunung Fuji yang kokoh berdiri di hiasi pohon sakura bermekaran di sepanjang tepinya, namun anda juga akan mendapati pengalaman berharga utamanya pengalaman berkenalan dengan masyarakatnya yang ramah, pengalaman belajar budaya. Ada salah satu budaya yang cukup terkenal di negeri sakura tersebut selain tradisi minum teh dan tradisi kimono, salah satunya adalah merangkai tanaman yang biasa disebut sebagai ikebana.

Tradisi merangkai tanaman tersebut merupakan salah satu budaya jepang yang sudah ada sejak jaman dahulu dan menjadi tradisi yang masih dilakukan oleh masyarakat jaman sekarang, karena selain mengasyikan kegiatan ini juga akan meningkatkan kreatifitas kita dalam membuat kerajinan tangan tradisional.

Jika anda mulai penasaran akan seluk-beluk tradisi merangkai tanaman ini maka anda dapat menyimak penjabaran di bawah ini agar anda semakin mengetahui secara mendalam tentang tradisi yang unik di negeri sakura ini.

Sejarah

Bermula dari seorang biksu yang berasal dari Kyoto yang bernama Muromacchi, dia melakukan eksperimen merangkai pada tahun 1400-an. Nama dari tradisi ini juga diambildari kata “Ikenobo” yang merupakan nama dari kolam yang berada di dekat tempat tinggal sang biksu. Tujuan sang biksu melakukan kegiatan ini adalah untuk pemujaan agar bentuk bunga yang digunakan untuk pemujaan lebih indah dan enak di pandang mata juga di percaya lebih menghormati dewa.

 

Seiring berkembangnya jaman, tradisi ini semakin diminati oleh masyarakat luas dan bahkan masyarakat luar daerah dan para turis juga sangat meminati kegiatan ini. Dalam tradisi merangkai ini kita juga dapat mennggunakan media lain seperti rerumputan, dedaunan, dan tanaman lain yang dapat digunakan sebagai hiasan.

 

Bentuk Rangkaian

Ada beberapa gaya yang dapat digunakan dalam merangkai tanaman ini, tergantung dari fungsi, jenis, dan tujuan diadakannya suatu kegiatan. Berikut beberapa gaya merangkai yang dapat anda jadikan patokan atau dapat anda pelajari jika ingin berkecimpung di dunia merangkai ini.

 

Ada gaya ikenobo, nihonkoryu, kadoenshu, saga goryu, mishoryu, ryuseiha, oharayu, sogetsu, dan masih banyak lagi gaya merangkai tanaman ala negeri sakura ini. namun ada dua gaya yang menjadi induk dari gaya-gaya yang ada di dalam kegiatan merangkai sekarang ini, yaitu shoka yang berarti merangkai tanaman yang bersifat formal dan gaya merangkai tanaman yang bersifat bebas yang bernama jiyuka, lalu gaya yang khusus digunakan dalam upacara keagamaan adalah gaya yang bernama rikka.

Perlengkapan merangkai

Dalam suatu kegiatan kreatifitas tentu dibutuhkan alat, bahan, dan cara untuk melakukannya. Hal ini juga berlaku dalam kegiatan merangkai tanaman khas negeri sakura ini.  ada beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan untuk melakukan kegiatan merangkai tanaman ini. anda tentu tidak perlu khawatir apakah peralatan dan bahan yang dibutuhkan cukup banyak serta apakah sulit untuk melakukannya, mari anda simak.

 

Kawat berbagai ukuran dalam hal ini anda harus menyediakan kawat dengan ketebalan berbagai macam dan jenis. Gunting khusus untuk memotong tanaman yang akan dirangkai atau di hias. Floral tape yang biasanya berwarna hijau dan coklat, yang biasanya digunakan dalam bagian daun dan batang, selotip, tang, alas berduri, pipa besar dan kecil untuk mengalirkan air, batu-batuan dengan berbagai ukuran bisa kecil, sedang, dan besar tergantung ukuran pot dan tanaman.

 

Sekolah Utama

Dalam kegiatan merangkai tanaman ini anda bisa mengikuti pelatihan merangkai dan anda dapat menjajaki beberapa sekolah berbeda yang tentunya akan memberikan anda metode merangkai yang berbeda pula, hal ini akan menambah wawasan anda dalam hal merangkai tanaman.

Seni tradisional merangkai tanaman ini memang memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri yang berbeda dari kegiatan yang bersifat tradisi lainnya. Hal ini dikarenakan kegiatan ini membutuhkan keahlian dan keuletan tersendiri untuk dapat membuatnya, anda juga harus melalui tahapan tertentu agar dapat mencapai tingkat master atau ahli profesional dalam membuatnya.

Jika anda merasa kegiatan ini sangat cocok bagi anda, maka segera persiapkan  di atas untuk mempelajarinya, karena siapa tahu ini dapat menjadi ladang bisnis karena kegiatan ini tidak hanya digemari dan diminati di negeri sakura namun juga di berbagai dunia termasuk Indonesia.

Anda memiliki jiwa seni yang tinggi utamanya dalam bidang kerajinan tangan, maka tidak ada salahnya bila anda mencoba hobi baru yang menyenangkan ini


Comments

Leave a comment

Back to top