sistem transportasi kereta api di Jepang

Kereta Api di Jepang, Ini Jenis Sistem Transportasinya!

Bagi Anda yang bekerja atau liburan di Jepang, ada banyak sistem transportasi yang bisa menjadi pilihan Anda selama di sana. Di antara berbagai pilihan sistem transportasi yang ada, sistem transportasi kereta api di Jepang menjadi salah satu yang paling populer.

Jenisnya pun beragam dan tentunya memiliki tujuan, fungsi, sistem dan tarif yang berbeda – beda. Agar lebih memahami tentang apa saja jenis sistem transportasi kereta api di Jepang, berikut informasi selengkapnya yang Anda harus pahami!

Jenis Sistem Transportasi Kereta Api di Jepang

Shinkansen (kereta api super express)

Kereta api super express atau shinkansen merupakan kereta api tercepat yang ada di Jepang. Jenis kereta api ini bekerja di bawah naungan Japan Railway sehingga termasuk salah satu jenis kereta api yang tercover oleh Japan Rail Pass.

Rute yang dipilih oleh Shinkansen berbeda dengan jenis kereta api yang lain dan tidak semua stasiun akan dilewati Shinkansen. Biasanya stasiun yang membuka rute untuk kereta api jenis ini adalah kereta api yang memiliki rute dengan kata ‘shin’ di depannya. Seperti misalkan stasiun Shin-Osaka, Shin-Aomori, Shin-Asahikawa dan sebagainya.

Kereta api Shinkansen juga terdiri atas beberapa macam tipe di antaranya :

Shinkansen Komachi

Kereta api ini memiliki kecepatan mulai dari 300 km/jam sampai dengan kecepatan tertinggi 320 km/jam. Rute yang melayani perjalanan dengan menggunakan kereta api Shinkansen Komachi adalah rute Tokyo menuju Akita.

Shinkansen Hayate

Shinkansen Hayate merupakan kereta api di Jepang yang termasuk kereta super ekspress dengan desain bagian depan mengerucut seperti peluru dan memiliki warna dasar hijau. Kecepatan maksimal kereta api ini 275 km/ jam. Dengan kecepatan tersebut, estimasi waktu sampai kereta api ini dari rute Shin-Aomori menuju Tokyo yang jaraknya sekitar 700 km bisa ditempuh dengan kurun waktu hanya 230 menit saja.

Shinkansen Hikari

Shinkansen Hikari merupakan salah satu armada kereta api tercepat di tokaido line. Jalur yang dilayani adalah Tokyo sampai dengan Shin-Osaka. Pelayanan yang oke selalu diberikan terlebih di dalam kereta terdapat stop contact yang bisa dipakai untuk ngecharge sehingga Anda tak perlu merasa khawatir kalau gadget Anda akan kehabisan tenaga.

Shinkansen Yamabiko

Selanjutnya ada Shinkansen Yamabiko yang memiliki kecepatan maksimal 240 km/jam. Kereta api di Jepang yang satu ini merupakan jenis kereta api super cepat yang melayani rute jalur Tohoku dari Tokyo sampai dengan Morioka.

Shinkansen Kodama

Shinkansen Kodama merupakan kereta api di Jepang yang melayani jalur rute Tokaido Line. Dibandingkan dengan Shinkansen Hikari, titik pemberhentian yang dilayani oleh Shinkansen Kodama jauh lebih banyak.

Tokkyu (limited express train)

Kereta api yang satu ini biasanya berhenti di stasiun utama Jepang dan memiliki nama sesuai dengan rutenya. Jika Anda ingin naik kereta ini, Anda nantinya harus membayar dua jenis tiket yaitu pertama jenis tiket base fare atau basic tiket dan yang kedua adalah limited express fare dengan biaya tiket 500 yen sampai dengan 4000 yen.

Beberapa contoh kereta api Tokkyu atau kereta limited express yang bisa jadi pilihan untuk mengantar perjalanan Anda yaitu :

Limited Express Tsugaru

Limited Express Tsugaru termasuk jenis kereta api dengan terowongan bawah laut yang mengantarkan orang dari pulau utama Jepang Honshu ke Pulau Hokkaido serta melewati selat Tsugaru.

Limited Express Super Hakucho

Super hakucho merupakan kereta express pertama yang dinaiki untuk menyeberang antar pulau di Jepang. Jadi kalau Anda butuh kereta antar pulau, naik Limited Express Super Hakucho sangat dianjurkan. Kereta api ini melayani jalur Aomori sampai di Hakodate dan melewati Seikan Tunnel.

Kyuko (Express)

Kereta api ini termasuk ke dalam kereta cepat di luar dua kereta api yang sudah kita bahas sebelumnya. Kereta ini biasanya hanya berhenti di beberapa stasiun saja dan memiliki kecepatan akses di bawah kecepatan kereta Limited Express.

Jenis kereta Express biasanya memiliki nama diawali EXP dan ketika naik kereta ini Anda harus membayar tiket base fare dan express fare seperti ketika Anda naik limited express train atau kereta Tokkyu.

Futsu (local train)

Kereta local ini merupakan sebuah kereta api yang akan berhenti di semua stasiun. Karena berhenti di semua stasiun oleh karena itu, kereta ini termasuk kereta api yang paling lambat.

Kereta api ini banyak dipakai sebagai kereta harian masyarakat Jepang dan dibanderol dengan harga tiket yang paling murah. Beberapa local train bahkan menawarkan diskon atau paket berlangganan.

Kaisoku (rapid)

Rapid atau yang disebut dengan kaisoku merupakan kereta api yang menawarkan tiket sama dengan kereta api futsu atau local train. Akan tetapi kereta kaisoku atau rapid tidak berhenti di semua stasiun yang dilewati melainkan hanya berhenti di beberapa stasiun kecil saja.

Salah satu contoh kereta api Rapid yaitu Rapid Resort Shirakami. Kereta api ini memiliki jalur tempuh tepi laut dan lereng Gunung Shirakami. Pengalaman dan sensasi naik kereta api secara lebih sempurna dan spesial akan Anda dapatkan dengan menggunakan kereta api ini.

Selain naik kereta api, Anda juga bisa menggunakan moda transportasi bus ketika di Jepang. Bus juga bisa mengantarkan Anda ke berbagai tempat tujuan termasuk ke beberapa tujuan wisata. Kalau bicara tentang tempat wisatanya, Jepang sebenarnya punya banyak pilihan kota tujuan wisata yang sangat menarik.

Salah satunya adalah Yokohama. Mengenai seperti apa Yokohama dan apa saja tempat wisata di sana, baca : Yokohama Kota Terbesar Kedua di Jepang dengan Banyak Wisata

Tram

Transportasi tram di Jepang memang tidak terlalu populer. Tidak seperti beberapa transportasi yang kita sudah sebutkan sebelumnya. Akan tetapi moda transportasi yang satu ini tak boleh diremehkan juga pastinya.

Terdapat beberapa kota yang mengoperasikan tram dan menjadi salah satu transportasi terbaik di antaranya yaitu Toyama, Nagasaki dan juga Hakodate.

Tokyo Monorail

Last but not least, ada juga Tokyo Monorail yang merupakan sistem transportasi kereta yang juga sangat ingin direalisasikan di Jakarta dalam beberapa kurun waktu belakangan ini. Jalur Tokyo Monorail melewati sepanjang pesisir Teluk Tokyo dan perjalanannya memakan waktu sekitar 21 menit.

Mengenai tarif perjalanan sekitar 470 yen sekali jalan. Dengan sistem transportasi ini Anda bisa berangkat dari Bandara Haneda yang merupakan bandara internasional di Tokyo menuju ke Stasiun Hamamatsucho yang ada di dalam kota Tokyo.

Selain sistem transportasi kereta api, juga masih banyak sistem transportasi lain yang ada di Jepang. Anda bisa baca : Mengenal Sistem Transportasi di Jepang yang Super Canggih Itulah sekilas informasi tentang kereta api di Jepang dan berbagai jenisnya. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat dan menambah wawasan untuk Anda.


Comments

Leave a comment

Back to top