Yokai, Makhluk Mistis di Jepang

Yokai, Makhluk Mistis di Jepang

Sebagian besar kisah – kisah mitologi berasal dari Yunani dan Romawi. Akan tetapi siapa sangka karena ternyata Jepang juga punya sederet kisah mitologi dibalik negara tersebut yang sering dikenal sebagai yokai oleh masyarakat setempat. Ragam yokai, makhluk mistis di Jepang sangat banyak.

Ada yang tampak menyerupai hewan, siluman sampai dengan monster. Sebagian di antaranya bahkan sangat populer sampai di angkat ke beragam produk budaya Jepang seperti anime, manga, film dan sebagainya. Anda yang penasaran dengan yokai atau mahkluk mitologi Jepang apa saja bisa simak informasi di bawah ini!

Ragam Yokai Terkenal di Jepang

Kappa

Hampir seluruh warga Jepang mungkin sudah tahu yokai ini saking terkenalnya. Kappa merupakan makhluk mitologi Jepang dengan tubuh yang penuh warna hijau dan memiliki sirip di bagian tangan serta kaki.

Ciri khas makhluk ini adalah terdapat piring di bagian atas kepala. Piring tersebut merupakan sumber kekuatan makhluk ini dan jika piring tersebut pecah atau mengering, maka kappa akan seketika lemah dan lama – lama menjadi mati.

Seringkali kappa hidup di tempat – tempat air yang tenang seperti di sungai atau rawa – rawa dan akan mengganggu orang yang berenang di habitat mereka dengan menarik kaki orang tersebut sampai orang tersebut benar – benar tenggelam.

Kappa memiliki makanan favorit. Mentimun dan juga kappamaki menjadi makanan favorit makhluk yang satu ini.

Tengu

Tengu merupakan makhluk mitos dari Jepang yang wujudnya menyerupai burung gagak dan sering dianggap sebagai makhluk yang jahat. Namun tengu juga digambarkan sebagai makhluk menyerupai manusia dengan wajah merah, hidung panjang dan memiliki ekspresi antagonis yang mengerikan.

Meski begitu, ternyata mereka juga memiliki misi utama dalam hidupnya karena tengu merupakan roh yang menjaga berbagai pegunungan yang ada di Jepang. Mereka akan menunjukkan jalan bagi orang yang tersesat di pegunungan, meniupkan angin baik yang menyegarkan dan sebagainya.

Tanuki

Tanuki termasuk yokai terkenal di Jepang yang masuk kategori hewan mitologi. Hewan ini berbentuk menyerupai pencampuran antara rakun dan anjing dengan testis yang besar. Hewan ini bukan hewan mitologi biasa karena menurut cerita rakyat, tanuki sangat cerdas.

Tanuki bahkan memiliki kemampuan meletakkan daun ajaib di kepala manusia untuk mendistorsi pandangannya. Ketika mereka yang sudah terdistorsi membuka mata, makhluk ini terlihat seperti perempuan. Makhluk mitologi ini dikait – kaitkan sebagai hewan yang punya kelihaian dalam mencuri.

Oni

Oni merupakan makhluk mitologi Jepang dengan dua tanduk, taring besar dan cakar yang cukup tajam. Biasanya oni membawa beragam jenis senjata, namun tongkat menjadi senjata yang paling sering dibawa oleh hewan ini.

Oni dikatakan hidup di neraka dan akan menghukum orang – orang yang berdosa dalam hidupnya. Oni bersifat pendendam. Dalam dunia makhluk mitologi barat, makhluk yang dicirikan sangat mirip dengan oni adalah raksasa. Di Jepang, festival namahage yang sering diselenggarakan dan terdaftar sebagai property budaya abstrak Jepang seringkali menggunakan dan menampilkan oni dalam penyelenggaraannya.

Jorogumo

Jorogumo merupakan makhluk setengah perempuan dan setengah laba – laba. Dalam cerita rakyat Jepang yang terkenal, Jorogumo digambarkan sebagai suatu makhluk yang haus darah dan akan menyerang manusia kapan pun.

Yokai Jorogumo bahkan digambarkan sebagai sebuah makhluk yang bisa hidup dalam umur panjang bahkan mencapai 400 tahun. Tempat makhluk ini menetap dan bersembunyi adalah di dalam goa dan lubang yang ada di hutan. Mereka sangat suka dengan tempat – tempat yang sepi dan jauh dari keramaian manusia.

Mereka termasuk makhluk mitologi jahat yang ketika ada korban mendekat, mereka akan mengelabui korban dan memangsanya.

Zashiki Warashi

Zashiki Warashi merupakan suatu makhluk spiritual dalam legenda yokai Jepang. Legendanya bahkan sudah menyebar di seluruh wilayah Tokoku bertahun – tahun lamanya. Makhluk ini seperti berpakaian menyerupai anak kecil dan biasanya hidup di rumah – rumah manusia.

Diyakini bahwa makhluk ini merupakan simbol keberuntungan dan rumah yang ditempati oleh makhluk ini akan menjadi makmur dan keluarganya dilimpahi banyak berkah. Namun jika sebaliknya terjadi, maka rumah orang yang telah ditinggalkan oleh zashiki warashi akan jauh dari kemakmuran.

Beberapa tahun belakangan ini bahkan zashiki warashi seringkali dikait – kaitkan dengan banyaknya hotel dan penginapan yang ada di Jepang. Hotel atau penginapan yang dihuni oleh makhluk ini kabarnya akan terlihat menarik dan mudah terkenal.

Jika membahas  tentang Jepang, selain pembahasan mengenai makhluk mitologi Jepang yang sangat menarik maka pembahasan menarik lainnya adalah tentang peribahasa Jepang atau yang dikenal dengan Kotowaza.

Selengkapnya baca : Kotowaza Jepang yang Mengajarkan Tentang Arti Kehidupan

Itulah sedikit ulasan yang kami dapat sampaikan berkaitan dengan yokai terkenal di Jepang. Semoga menjadi informasi yang sangat menarik untuk Anda khususnya pecinta anime, manga dan berbagai produk budaya Jepang lainnya.


Comments

Leave a comment

Back to top