Unversitas paling populer Jepang

Universitas di Jepang yang terpopuler dan terbaik

Salah satu negara maju di Asia yang berhasil mengembangkan ekonomi, sosial dan kebudayaan, sains terutama teknologinya adalah Jepang. Kesuksesan Jepang dalam membangun negaranya tidak lepas dari kualitas pendidikan yang diterapkan serta banyak penelitian yang dikembangkan untuk para pelajar di berbagai universitas di Jepang tersebut.

Jepang mempunyai sistem pendidikan tinggi yang bisa dibilang hirarkis. Universitas yang dianggap paling prestisius di Jepang adalah universitas yang berada di Kyoto dan Tokyo. Universitas yang ada di kota tersebut diklaim berhasil mencetak sumber daya manusia yang berkualitas dan bisa menopang pengembangan sains dan teknologi di beragam penelitian lain yang sedang dikembangkan.

Kemajuan teknologi industri dan inovasi dalam ilmu pengetahuan yang diterapkan di negara Jepang berhasil menjadi daya tarik tersendiri bagi pelajar lokal maupun internasional untuk melanjutkan pendidikan di jenjang perguruan tinggi, termasuk para pelajar yang berasal dari Indonesia. Untuk melanjutkan pendidikan di Jepang, sudah ada banyak kesempatan yang bisa diusahakan baik itu melalui jalur beasiswa pemerintahan maupun swasta. Nah bagi kamu yang tertarik melanjutkan pendidikan di Jepang, berikut adalah beberapa universitas terpopuler dan terbaik di Jepang.

  1. Kyoto University

kyoto university

Sebutan lain dari Kyoto University adalah Kyodai (Kyoto Daigaku). Universitas di Jepang yang satu ini awalnya Ini adalah sebuah Chemistry School di tahun 1869. Kemudian sekolah ini dijadikan satu bagian dari Imperial University pada tahun 1897 yang dimiliki oleh pemerintahan Jepang dan sudah mempunyai tiga kampus yang berbasis di beberapa kota yaitu Katsura, Yoshida dan Uji.

Kyodai sudah mempunyai 10 fakultas dan 19 sekolah tinggi untuk yang hendak melanjutkan pascasarjana. Universitas ini menyediakan banyak program unggulan seperti sastra, humaniora, hukum, ekonomi, pendidikan sains, farmasi, kedokteran, teknik hingga pertanian. Namun program unggulan yang paling banyak diminati di universitas ini adalah teknik, ini hukum dan sains.

  1. Tohoku University

Tohoku university

Tohoku University adalah salah satu universitas terkemuka di Jepang yang berada di kota Sendai. Universitas ini didirikan pada tahun 1907 yang awalnya diberi nama Tohoku Imperial University. Universitas ini menawarkan berbagai program unggulan untuk tingkat under graduate program yang ditawarkan seperti sains, teknik, pertanian dan lain-lain. Sedangkan untuk tingkat pascasarjana terdapat program unggulan seperti ekonomi dan manajemen, hukum atau politik, kedokteran, sains, teknologi informasi, teknik dan masih banyak lagi.

  1. Tokyo Institute of Technology

Tokyo Institute of Technology

Sebutan lain dari universitas Tokyo Institute of Technology adalah Tokyo Kogyo Daigaku. Universitas ini juga secara informal dikenal sebagai Tokyo Tech atau Tokodai. Universitas ini didirikan di kota Tokyo Jepang pada tahun 1881. Tokyo Institute of Technology merupakan universitas Nasional terbesar yang ada di Jepang yang didedikasikan untuk teknologi dan sains. Setidaknya universitas terdiri dari 6 sekolah dengan lebih dari 40 departemen dan pusat riset.Tokyo Institute of teknology juga dikenal karena mempunyai perpustakaan teknologi dan sains terbaik di Jepang yang bernama Tokyo Institute of Technology Library yang berada di Okayama.

  1. Waseda University

Waseda University

Waseda University merupakan universitas di Jepang swasta terbaik dan terpopuler. Universitas ini semakin terkenal di kalangan pelajar Indonesia karena terdapat seorang youtuber Indonesia yang melanjutkan pendidikannya di sana yaitu Jerome Polin. Universitas ini terdapat 6 fakultas yang menawarkan program S1 dan S2 dalam bahasa Inggris. Waseda University juga menyediakan beasiswa dan layanan dukungan yang lengkap bagi mahasiswa internasional.

  1. Tokyo University

Tokyo University

Tokyo University tahun ini sudah berumur 117 tahun yang berarti didirikan pada tahun 1904. Tokyo University merupakan universitas penelitian Negeri ternama di Jepang. Universitas ini juga adalah anggota pertama dari 7 Universitas Nasional. Pada Universitas ini terdapat beberapa fakultas yang menawarkan program S1 dan S2 yang berbahasa Inggris. Tokyo University memiliki fasilitas yang sangat lengkap serta menawarkan bantuan dana kuliah, banyak beasiswa serta dukungan karir bagi mahasiswa internasional.

  1. Nagoya University

Nagoya University

Universitas ini berfokus pada penelitian. Nagoya University menyediakan beberapa program S1 dalam bahasa Inggris seperti jurusan teknik otomotif, Ilmu Sosial dan kimia. Sedangkan untuk jenjang S2 yang berbahasa Inggris adalah kedokteran, matematika dan studi budaya Jepang dan fisika. Nagoya University juga menyediakan berbagai fasilitas dan layanan yang cukup lengkap untuk mendukung mahasiswa lokal maupun internasional seperti melakukan penelitian dan beasiswa.

  1. Kyushu University

Kyushu University

Pada tahun 1903 Kyushu University pertama kali didirikan sebagai Imperial University ke-4 di Jepang. Kyushu University menyediakan berbagai jurusan dan program seperti sains, pertanian dan ekonomi. Universitas ini juga menyediakan beberapa program studi yang diajarkan dalam bahasa Inggris untuk para pelajar internasional. Setidaknya Kyushu University menyediakan 8 program studi untuk S1 dan 41 program untuk S2 dalam bahasa Inggris.

Itulah sederet universitas terpopuler dan terbaik Negeri Sakura Jepang. Apakah kamu sudah menentukan pilihan?


Comments

Leave a comment

Back to top