Kebiasaan orang Jepang

Kebiasaan orang jepang yang patut ditiru

Jika mendengar kata 'Jepang', apa yang terbesit di dalam benak kalian? Apakah makanan khasnya seperti sushi dan sashimi atau kartun khasnya anime, bunga sakura atau bahkan kecanggihan teknologinya? Ada banyak sekali yang bisa dibicarakan jika itu semua hal yang berbau unsur 'Jepang'. Bisa dibilang Jepang menjadi negara yang paling ingin dikunjungi oleh banyak orang.

Negara Jepang mempunyai banyak hal-hal yang menarik mulai dari makanan, transportasi, fashion, genre musik, teknologi dan lain sebagainya. Jepang juga menjadi salah satu negara yang diakui berkat kemahiran dalam dunia informasi dan teknologi. Sudah tidak diragukan lagi bahwa kemampuan orang-orang Jepang yang patut ditiru karena mereka sukses menjadi negara maju.

Indonesia dapat dikatakan masih cukup jauh tertinggal beberapa langkah jika dibandingkan dengan kegigihan orang Jepang. Masyarakat Jepang terkenal dengan kedisiplinannya yang sangat tinggi dengan apapun yang mereka kerjakan. Masyarakat Jepang juga mempunyai kecerdasan yang benar-benar di asah sehingga bisa menjadi orang yang sangat berguna bagi masyarakat dan negaranya. Selain mengunggulkan kecerdasan, masyarakat Jepang juga memegang teguh budaya yang mereka anut dari nenek moyang sehingga membuat mereka semakin sukses di mata masyarakat asing.

Orang-orang Jepang senantiasa melestarikan budayanya sehingga mereka memiliki ciri khas tersendiri. Dengan adanya budaya yang terus mereka lestarikan, hal tersebut menciptakan sejarah perjalanan yang sangat mengagumkan. Orang Jepang sangat bangga terhadap budaya mereka. Tokoh-tokoh penting dan pemerintah negara Jepang mengajak masyarakat untuk selalu menghargai dan melestarikan budaya. Karena itulah mereka tetap bisa bangkit dan berkembang hingga menjadi negara maju setelah mengalami keterpurukan dalam Perang Dunia 2. Orang-orang Jepang dikenal dengan kerja kerasnya dalam membangun negara tanpa melupakan budaya yang diturunkan dari nenek moyang.

Budaya mereka sudah menjadi kebiasaan yang mendisiplinkan mereka dalam kehidupan sehari-hari. Itu jugalah yang menjadi salah satu faktor bahwa orang Jepang bisa terlihat kedisiplinannya yang sangat tinggi di dalam menjalankan semua aktivitasnya. Lantas apakah Indonesia bisa menjadi negara maju seperti negara Jepang? Indonesia bisa saja menjadi negara maju jika ikut mengadopsi budaya positif Jepang. Nah berikut ini budaya Jepang yang bisa kita tiru untuk memajukan bangsa dan negara.

1. Selalu bekerja keras

 

Orang-orang Jepang selalu dituntut untuk tidak malas dan bekerja keras. Jika di Indonesia pulang malam diidentikkan dengan hal-hal yang cukup negatif padahal tidak semua yang dilakukan merujuk pada hal yang negatif, di Jepang justru orang tua merasa bangga ketika anaknya pulang bekerja di malam hari. Hal itu karena menunjukkan bahwa anak mereka telah bekerja keras. Mereka yang bekerja hingga malam hari dinilai sudah menjadi orang-orang yang mendedikasikan dan menghabiskan waktunya untuk bekerja.

2. Menganggap waktu adalah uang

Masyarakat luar pastinya mengetahui bahwa orang Jepang memiliki kedisiplinan yang sangat tinggi. Hal itu disebabkan karena mereka sangat menghargai waktu sehingga di pergunakan sebaik mungkin. Orang-orang Jepang menganggap waktu adalah uang. Karena itulah mereka tidak akan menyia-nyiakan waktu dengan bersantai. Budaya Jepang ini memang patut ditiru agar masyarakat Indonesia juga bisa maju.

3. Sedikit bicara memperbanyak kerja

Orang Jepang memiliki loyalitas yang tinggi, Itulah sebabnya mereka sangat fokus dalam menyelesaikan pekerjaan mereka. Ketika mereka bergelut dalam pekerjaan, orang-orang Jepang tidak terlalu sering bertegur sapa dengan rekan kerja pada saat jam kerja berlangsung. Mereka hanya akan berbicara dan mengobrol ketika waktu istirahat tiba atau Pada saat jam kerja mereka telah selesai.

4. Tidak pernah berhenti dalam berinovasi

Tidak tahu bahwa negara Jepang merupakan negara maju yang diselimuti dengan teknologi yang sangat canggih. Bukan hanya itu saja, kecanggihan teknologi mereka tidak lepas dari prinsip kerja keishan yang mewajibkan mereka untuk selalu kreatif, produktif dan inovatif dalam menciptakan suatu teknologi baru. Mereka tidak pernah ragu dan patah semangat serta tidak pernah berhenti dalam berinovasi untuk membangun kreativitas mereka untuk berbagai hal.

5. Memiliki loyalitas yang tinggi

Bukti bahwa orang-orang Jepang mempunyai loyalitas yang tinggi karena sebagian besar masyarakat Jepang hanya akan bekerja pada satu tempat saja sampai kontrak kerja mereka selesai atau waktu pensiun tiba. Apabila orang Jepang sudah mendedikasikan dirinya dengan pekerjaan, maka mereka akan bekerja sungguh-sungguh sampai mereka pensiun. Loyalitas tinggi yang mereka tanamkan ketika bekerja membuat karir orang Jepang berjalan dengan baik. Mereka tidak akan ragu untuk setia dalam mengabdikan dirinya pada pekerjaan yang sudah mereka pilih. Mungkin Anda akan menemukan sangat sedikit orang yang akan berpindah-pindah dalam pekerjaan mereka di Jepang. Bukan hanya karena loyalitas mereka yang tinggi saja, hal itu juga didukung karena besaran gaji yang sama rata juga menjadi penyebabnya.

6. Selalu menghargai proses

Sebagian besar orang Jepang selalu menghargai proses ketika mengerjakan suatu pekerjaan. Mereka meyakinkan bahwa hasil yang sempurna pasti akan membutuhkan proses juga. Pastinya dalam setiap pekerjaan akan mengharapkan hasil yang sempurna. Tapi mereka juga tetap akan menghargai dan melihat prosesnya. Mereka menerapkan untuk mencapai hal yang diinginkan pastilah disertai dengan kerja keras dan tidak akan bisa diraih dengan secara instan. Sebab dari budaya inilah maka orang-orang Jepang mempunyai hak yang setara.

7. Tidak suka boros

Orang-orang Jepang memiliki budaya untuk hidup hemat. Karena itulah mereka tidak suka boros dan menghambur-hamburkan harta untuk hal yang tidak penting. Itu juga lagi yang menyebabkan orang-orang Jepang memiliki pengelolaan keuangan yang sangat baik. Untuk mendukung hidup hemat, maka biasanya orang-orang Jepang akan belanja setelah melewati jam 7.30 malam. Hal itu dilakukan karena banyak toko yang akan memberikan potongan harga yang cukup besar.

8. Hidup mandiri

Orang Jepang menerapkan sifat mandiri sejak kecil hingga dewasa. Karena itu jagalah pemandian orang Jepang patut diberi apresiasi. Masyarakat Jepang bisa menangi masalahnya sendiri tanpa perlu melibatkan orang lain. Bahkan anak-anak Sekolah Dasar di Jepang sudah dilatih untuk mempelajari dan memahami materi sendiri sebelum nantinya dijelaskan oleh guru di sekolah. Orang-orang Jepang mengajarkan kemandirian dengan cukup ekstrem memang. Tetapi hal tersebut dinilai sangat bagus guna meningkatkan dedikasi dan integritas yang tinggi untuk menjalani hidup. Belum lagi orang-orang Jepang yang mulai beranjak dewasa dituntut bisa memenuhi kebutuhannya sendiri tanpa perlu meminta bantuan kepada orangtua mereka.

9. Pandai menjaga kebersihan

Jepang dikenal sebagai negara yang sangat bersih. Mereka mempunyai kebiasaan membuang sampah pada tempatnya yang sudah mendarah daging. Meskipun sedikit sulit menemukan tempat sampah di tempat umum, orang Jepang akan membawa sampah mereka pulang ke rumah alih-alih membuangnya sembarangan. Bahkan got-got mereka sangat bersih hingga bisa ditinggali ikan. Ketika negara Jepang dilanda banjir airnya masih cukup bersih tanpa ada sampah-sampah yang menggenang.

Itulah beberapa budaya Jepang yang bisa kita tiru. Budaya-budaya positif tersebut sangat berguna untuk memajukan bangsa dan negara. Nah adakah budaya Jepang yang sudah kamu anut?


Comments

Leave a comment

Back to top